Jumat, 16 Juli 2010

Marketing ala KFC oleh Tung Desem Waringin

Marketing ala KFC

Pernahkah Anda makan di Kentucky Fried Chicken?
Ah, Tentu saja!

Tahukah Anda, bahwa Kentucky mempergunakan jurus penjualan yang sangat smart?
Ya, KFC sangat piawai dalam melakukan cross selling. Berikut adalah sebuah contoh yang dibagikan Pak Tung Desem Waringan dalam acara bedah buku terbarunya, Marketing Revolution, pada tanggal 1 Juli yang lalu di Gramedia Matramam.


Jika Anda membeli makanan di Kentucky, kasir KFC akan dengan ramah menyapa Anda …
“Selamat malam Bu! Ayamnya dada atau paha?”

Perhatikan, disini Anda tidak mempunyai pilihan kata tidak. Anda diarahkan untuk memilih satu diantara dua, bukan antara ya dan tidak! Biasanya Anda memilih salah satu khan?

“Ayamnya crispy atau original?”
Penguatan no other choice diatas!

“Minumnya apa?”
Cross selling dimulai …

“Mau tambah supnya?”
Another cross selling …

“Kentangnya, Bu?”

“Eskrimnya?”

“Perkedelnya?”
Jika masih tetap menolak, mereka akan mengeluarkan jurus terakhirnya

“Kami sedang mengadakan promosi terbatas! Hanya dengan menambah 5 ribu saja, Anda bisa mendapatkan mainan yang sangat menarik!”

Akhirnya, sebagian besar pelanggan akan membeli lebih banyak dari rencana semula. Dan ini merupakan peningkatan penjualan yang luarbiasa…
Jika setiap konsumen membeli dua kali lebih banyak, maka omset KFC akan naik 100% lebih! Bagaimana jika belanjanya empat kali lipat?

So, dapatkan Anda menerapkan jurus penawaran tersebut pada bisnis Anda?

2 komentar: